Minggu, 20 Januari 2008

MENCOBA MEMAHAMI FAKTA RIZKI

Jika kita memperhatikan dengan baik, kita akan memperoleh sebuah pelajaran. Lagu-lagu Opick, baru dikenal lebih dekat, setahun sesudah lagunya diperkenalkan oleh salah satu TV swasta Indonesia. Waktu itu, potongan lagu Tombo Ati-nya diperdengarkan setiap perpindahan acara. Potongan lagu itu diputar pada bulan Ramadhan. Cuma itu saja. Tapi setahun kemudian album Opick itu menembus angka yang fantastis. Bahkan bersaing dengan angka penjualan album salah satu band papan atas Indonesia.
Band Letto juga demikian. Band ini pada mulanya tidak dikenal. Bahkan menurut pengamatan saya (pendapat pribadi), ketika band Letto disandingkan oleh band-band papan atas Indonesia, nampak vokalisnya kurang percaya diri. Namun ketika lagu band ini dijadikan soundtrack untuk 2 sinetron sekaligus, album mereka meledak. Band Letto menjadi terkenal setelah sinetron Wulan dan Intan muncul.
Band Matta juga salah satu band yang juga mengalami pengalaman yang sama. Band ini dikenal setelah lagu Ketahuannya akrab ditelinga. Padahal album mereka yang salah satunya berisi lagu Ketahuan telah keluar setahun sebelumnya.
Aktor HIM Damsyik pernah ditanya oleh sebuah siaran TV swasta Indonesia dalam sebuah wawancara, "Bagaimana ceritanya bapak dapat bermain film dalam film Jepang?"
HIM Damsyik menjawab, "Pada suatu ketika saya dapat kiriman e-mail yang isinya menawarkan saya untuk bermain dalam film Jepang. Usut punya usut ternyata pihak Jepang pernah melihatnya dalam film Indonesia, ketika dia berperan sebagai Datuk Maringgih."
Benar apa yang diucapkan oleh sahabat Rasulullah Saw, Ali bin Abu Thalib ra.. Ali bin Abu Thalib pernah berucap, "Ar-Rizqu Rizqaani. Ar-Rizqu tathlubuhu war rizqu yathlubuka." Artinya, "Rizki itu terdiri dari dua. Rizki yang engkau cari dan rizki yang mencarimu."

Tidak ada komentar: