Jumat, 27 Agustus 2010

Penasehat Karzai Diam-Diam Terima "Gaji" dari CIA


Penasehat Karzai Diam-Diam Terima "Gaji" dari CIA

Kepala administrasi lembaga Dewan Keamanan Nasional Afghanistan, Mohammed Zia Salehi diduga keras selama bertahun-tahun menerima bayaran dari lembaga intelijen AS, CIA. Namun belum jelas untuk apa CIA memberikan bayaran itu, apakah sebagai imbalan atas informasi yang diberikan Salehi atau untuk lebih menguatkan pengaruh AS di dalam tubuh pemerintahan Karzai, atau kedua-duanya.
Surat kabar New York Times mengutip keterangan sejumlah sumber anonim di Kabul maupun Washington yang menguatkan dugaan bahwa Salehi menerima "gaji" dari CIA.
Salehi sendiri pernah ditangkap oleh aparat intelijen Afghanistan pada bulan Juli, dalam kasus dugaan suap untuk menghambat jalannya penyelidikan terhadap sebuah perusahaan jasa pengiriman uang. Nama perusahaan itu New Ansari, yang mengandalkan kurir serta sistem teknologi berkualitas rendah dalam jasa pengiriman uang dari dalam dan keluar Afghanistan.
Sejak invasi AS ke Afghanistan tahun 2001, New Ansari berkembang menjadi institusi keuangan terdepan di negeri itu dan melakukan aktivitas transfer uang dollar--kebanyakan ke Dubai--untuk segelintir orang Afghanistan yang kaya, politisi, penjual narkoba dan milisi bersenjata anti-pemerintah.
Tapi Salehi hanya ditahan selama tujuh jam. Atas campur tangan Presiden Hamid Karzai, Salehi dibebaskan. Karzai melindungi Salehi, karena penasehat presiden itu diduga tahu banyak tentang kinerja di dalam istana kepresidenan, dimana korupsi merajalela. Salehi juga menjadi orang kepercayaan "orang-orang kuat" di Afghanistan, antara lain Ibrahim Spirizada yang sekarang menjabat sebagai kepala deputi badan intelijen Afghanistan. (ln/prtv/aljz)
http://www.eramuslim.com/berita/dunia/penasehat-karzai-diam-diam-terima-gaji-dari-cia.htm

Tidak ada komentar: